Informasi Seputar Kesehatan

10 Manfaat Air Putih bagi Kesehatan

10 Manfaat Air Putih bagi Kesehatan - Sebelum membaca tulisan ini, coba hitung sudah berapa kali anda minum air putih hari ini ? apakah sudah memenuhi jumlah yang disarankan yaitu 8 gelas perhari ?

manfaat air putih
Manfaat minum air putih
Air putih adalah asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh, karna zat penyusun tubuh sebagian besar terdiri dari air, ini dia 10 Manfaat Air Putih bagi Kesehatan.

1. Manfaat Air Minum Untuk Gangguan Sistem Pencernaan

Manfaat air minum yang satu ini berkaitan dengan organ organ pencernaan seperti lambung, usus halus, dan usus besar. Air dapat bermanfaat sebagai obat maupun pencegah penyakit – penyakit seperti mag, diare, dan sebagainya dengan cara diminum rutin setiap hari dengan takaran 8 – 10 gelas per harinya. Dengan mengkonsumsi air secara teratur, air dalam sistem pencernaan anda akan menggelontorkan berbagai racun dan zat – zat tidak berguna yang tidak dibutuhkan oleh tubuh tubuh dengan lebih mudah.

2. Resiko Kanker

Mungkin air bukan merupakan obat dari penyakit kanker, namun merupakan salah satu pencegahan resiko kanker yang paling efektif. Seperti yang telah dipaparkan dalam uraian di atas bahwa air memiliki partikel kristal. Jika manusia mengkonsumsi air dengan partikel kristal yang bagus, maka sel – sel dalam tubuh yang telah mati akan diganti oleh kristal – kristal air yang menyehatkan tersebut. Kristal air ini juga akan menolak zat – zat karsinogenik yang menyebabkan kanker.

3. Kasus Penuaan Dini

Manfaat air minum yang banyak diketahui dalam dunia kecantikan adalah mengatasi penuaan dini. Manusia yang tidak secara rutin meminum air akan terlihat lebih tua. Hal ini dikarenakan air yang sehat akan membantu tubuh kita meregenerasi sel – sel yang mati dan akhirnya membuat tubuh kita selalu tampak segar dengan adanya sejumlah sel – sel yang baru.

Baca juga : 10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Kemarau

4. Fertilitas Manusia

Manusia yang meminum air secara rutin akan memiliki kondisi kesuburan yang bagus. Kesuburan yang dimaksud disini adalah dalam hal reproduksi. Manfaat air minum yang ada pada ranah ini akan membuat sel telur wanita lebih segar dan lebih siap dibuahi. Sementara asupan air sehat yang cukup akan menstimulasi pembentukan sel sperma yang bagus

5. Pencegahan Penyakit Jantung

Penyakit Jantung yang ada di bumi sering dikaitkan dengan tidak disiplinnya seseorang melakukan olahraga. Dalam melakukan aktifitas olahraga seperti senam dan lari pagi, tubuh kita akan mengeluarkan toksin – toksin yang berbahaya berupa koringat. Hal ini penting dilakukan untuk memelihara stamina dan kesahatan jantung itu sendiri. Namun, seringkali kita merasa haus setelah melakukan katifitas olahraga. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang membutuhkan asupan air. Air yang masuk ke dalam tubuh kita pada saat itu akan langsung terserap dengan mudahnya, membantu kelancaran metabolisme tubuh, dan mengganti sel – sel yang rusak. Itulah mengapa selain berolah raga, asupan air setelah berolahraga juga tidak kalah pentingnya bagi kesehatan jantung kita.

6. Pencegahan Stroke

Stroke berasal dari komplikasi darah tinggi yang menyebabkan serangan jantung. Alasan kenapa manfaat air minum dapat digunakan sebagai pencegahan stroke kurang lebih sama dengan alasan kenapa air bisa menjaga kesehatan Jantung. Karena sejatinya stroke merupakan penyakit yang asalnya dari Jantung

7. Pereda Stres

Sebuah penelitian lain tentang air mengungkapkan bahwa dengan berdiri di bawah percikan – percikan air akan memberi anada ion – ion negatif penghilang stress. Jika anda kurang yakin dengan fakta ini, cobalah anda berdiri dibawah shower atau berjalan – jalan disekitar lokasi wisata air terjun. Maka anda akan merasakan efek relaksasi yang diperoleh dari percikan – percikan airtersebut yang seakan melakukan pemijatan – pemijatan mikro pada tubuh ini. Efek relaksasi juga bisa terjadi dengan rendaman di air hangat.

8. Sarana Diet

Jika anda kerap mengkonsumsi makanan berlemak. Maka air akan menggelontorkan sejumlah minyak atau lemak jahat dalam tubuh anda berupa feces.

9. Lemas dan Lunglai

Manfaat air minum yang satu ini telah banyak diketahui masyarakat. Jika anda rutin meminum air, anda akan mendapati tubuh anda lebih bugar dan siap beraktifitas.

10. Dehidrasi

Tubuh manusia memiliki sistem ekskresi berupa air seni yang dapat keluar dalam tubuh kita sekitar 400 ml sehari. Belum lagi pengeluaran cairan melalui karbon dioksida saat menghembuskan nafas, keringat, dan meludah. Mengkonsumsi air secara rutin dengan takaran yang sesuai akan mencegah dehidrasi dari tubuh kita secara seignifikan.

Dengan mengkonsumsi air putih dengan cukup, maka semua organ tubuh anda akan berfungsi dengan baik, maka dari itu, tetap konsisten untuk melakukan kebiasaan baik untuk minum air 8 gelas dalam sehari.

sumber : http://air-minum.org/

10 Manfaat Air Putih bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rizki